Jumat, 22 Oktober 2010

AWAL MASUK KARATE !!!!!

Awal masuk karate !!!!!!!
Saat pertama latihan karate, sepertinya tidak ada hal2 yang menurutku menarik. Saat pertama latihan saya hanya diajari sikap2 awal dan gerakan2 dasar. Oh ya…. Saya pertama kali latihan di SD. Dan hanya beberapa kali latihan saja, saya sudah ditawari untuk engikuti UKT (Ujian Kenaikan Tingkat). Saya juga masih belum PD untuk mengikutinya, namun ya saya tetap mengkuti UKT. Dan saya ahirnya lulus menjadi sabuk kuning. Nah sejak saya naik menjadi sabuk kuning itulah saya mulai serius untuk menekuni karate. Sejak saat itu, saya sering diajak oleh pelatih saya untuk latihan di tempat lain. Karena saat itu karate di SD saya sudah mulai tidak aktif.
Tempat latihan pertama saya selain di SD adalah di sebuah kampung(saya tidak akan menyebut nama kampungnya). Di sana, saya latihan 2 kali seminggu, yaitu hari kamis sore dan minggu malam. Disana saya lebih banyak diajari tehnik2 yang baru. Dan disanalah pula saya baru mengenal pengklasifikasian pertandingan. Dulu saya hanya tahu kalau pertadingan karate itu hanya berkelahi saja. Namun setelah latihan disana, saya mengetahui bahwa ada 3 pengklasifikasian dasar dari pertandingan karate.
Yang pertama adalah TATA GERAK. Dalam pertandingan karate, biasanya diawali dengan pertandingan TATA GERAK. TATA GERAK adalah serangkaian gerakan dasar yang disusun sedemikian rupa sehingga dapat mencakup gerak-gerak dasar dalam ilmu beladiri karate. Setahu saya gerakan2 yang ada di TATA GERAK tidaklah baku. Setiap daerah umumnya memiliki TATA GERAK yang berbeda. Namun gerakan2 tersebut, tidak boleh keluar dari gerak-gerak dasar dalam ilmu beladiri karate. Namun dala satu kota biasanya TATA GERAK nya tidak berbeda. Semua itu di karenakan setiap kota memiliki sekertariat masing-masing. Karena itulah setiap kota pasti memiliki TATA GERAK yang berbeda-beda.
Yang kedua adalah KATA’. Biasanya dipertandingkan setelah TATA GERAK. KATA’ adalah serangkaian gerakan yang disusun sedemikian rupa supaya menunjukan kendahan dari ilmu bela diri karate tanpa menghilangkan kekuatan dari ilmu bela diri karate. KATA’ disebut juga bunga karate karena KATA’ mampu menunjukan gerakan2 yang indah tanpa menghilangkan fungsi gerakan tersebut untuk beladiri. KATA’ merupakan gerakan yang baku. Namun seringkali ada variasi yag dibuat untuk memperindah gerakan tersebut. Biasanya, pada suatu negara,gerakan yang ada pada suatu KATA’ adalah sama. Hanya saja gerakan tersebut dibedakan oleh aliran suatu perguruan beladiri yang ada di negara tersebut.
Yang ketiga adalah KOMITE. Biasanya dipertandingkan setelah KATA’. KOMITE adalah pertarungan satu lawan satu dengan aturan2 yang sudah ditetapkan oleh WKF (World Karate Federation). Biasanya karateka yang bertanding diawasi oleh 1 orang wasit, 3 orang juri, dan 1 orang pengawas pertandingan. Dulu, Karateka yang bertabding hanya memakai gamsil untuk melindingi gigi dan hand protector. Namun sekarang karateka yang bertanding di haruskan untuk memakai gamsil, hand protector, body protector, pelindung tunggung kaki dan pelindung tulang kering. KOMITE menerapkn sistem poin untuk setiap gerakan yang mengenai tubuh lawan dengan aturan yang telah ditetapkan.
Setelah mengetahui pengklasifikasian tersebut, saya memutuskan untuk memilih KATA’. Karena menurut saya, KATA’ sangat cocok untuk orang seperti saya. Namun bukan pekara mudah menekuni bidang ini. Gerakan2 yang ada pada suatu KATA’ haruslah kita hapal dengan baik. Selain itu, kita juga harus memperhatikan hala-hal berikut ini :
1. TEHNIK
2. POWER
3. SPEED
4. IRAMA
5. PERNAFASAN
6. MIMIK MUKA
Dengan memperhatikan hal2 tadi, kita akan dapat memainkan KATA’ dengan baik dan benar.
Sekian cerita kali ini.
TERIMA KASIH.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

JADWAL SOLAT

inspirasiku

mskipun kita memiliki banyak kelemahan, kita harus tetap percaya diri. ingatlah tuhan kita tidak pernah tidur. jika ada orang yang menghina kelemahan anda, maka katakanlah "ya itulah saya!!!!". dan tekadkan alam hati anda "suatu hari saya akan membuat mereka yang menghina saya, menjaadi malu daan meminta maaf kepada saya." (RUSLI RUSMAYADI)

Cari Blog Ini

WIKISEEK

document.write('
'); document.write('
'); document.write(''); document.write(' '); document.write(' '); document.write('
'); document.write('
');

PRICE GAS

RAMALAN CUACA